Publication Ethics

Jurnal Hukum dan Peradilan adalah jurnal yang direview bersama oleh para pakar yang berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar etika publikasi. Dalam rangka menyediakan jurnal yang berkualitas kepada para pembaca kami menyampaikan beberapa prinsip dari etika publikasi. Semua artikel yang tidak sejalan dengan standar yang diberikan akan dicabut dari publikasi kapanpun bahkan apabila artikel tersebut telah terbit. Sejalan dengan pedoman perilaku kami akan melaporkan setiap kasus yang berindikasi plagiat atau publikasi ganda kepada pihak yang berwenang. Jurnal Hukum dan Peradilan berhak untuk menggunakan aplikasi pendeteksi publikasi ganda untuk menyeleksi setiap naskah yang masuk.

Penulis:

  1. Penulis harus memastikan/ menjamin bahwa tulisan yang dihasilkan adalah karya sendiri.
  2. Penulis harus memastikan/ menjamin bahwa naskah belum pernah diterbitkan di manapun.
  3. Penulis bertanggung-jawab untuk mengedit bahasa sebelum mengirimkan artikel
  4. Penulis yang mengirimkan karya mereka kepada jurnal untuk dipublikasikan sebagai artikel asli memastikan bahwa karya yang dikirimkan merepresentasikan kontribusi penulis dan belum pernah digandakan  atau disalin secara keseluruhan atau sebagian dari karya lain tanpa menyatakan citasi
  5. Penulis harus memberitahu Jurnal Hukum dan Peradilan jika ada konflik kepentingan.
  6. Penulis harus melaporkan semua kesalahan yang mereka temukan pada naskah mereka kepada Jurnal Hukum dan Peradilan
  7. Setiap karya atau kalimat dari penulis lain, kontributor dan sumber lain harus disebutkan dan dirujuk dengan benar
  8. Seorang penulis harus menyetujui lembar persetujuan sebelum mengirimkan artikel
  9. Seluruh artikel harus dikirimkan menggunakan prosedur pengiriman online

Tim Editorial:

  1. Tim editorial harus memastikan penelaahan yang adil untuk naskah masuk yang hendak dipublikasikan.
  2. Tim Editorial harus menyelesaikan semua konflik kepentingan yang timbul
  3. Tim editorial harus memastikan bahwa seluruh informasi yang terkait dengan naskah yang terkirim dijaga kerahasiaannya sebelum dipublikasikan.
  4. Tim Editorial harus mengevaluasi naskah hanya terkait dengan isi intelektualitasnya
  5. Kepala Editor akan mengkoordinasikan tuga sdengan para editor

Mitra Bestari:

  1. Mitra Bestari mengevaluasi naskah berdasarkan isi tanpa mengindahkan asal suku, jenis kelamin, orientasi seksual, kewarganegaraan, kepercayaan atau filosofi politik penulis.
  2. Mitra bestari harus memastikan bahwa semua informasi terkait dari naskah yang masuk dijaga kerahasiaannya dan harus dilaporkan kepada kepala editor jika mitra bestari menyadari adanya pelanggaran hak cipta dan publikasi ganda dari pihak penulis.
  3. Mitra bestari harus mengevaluasi naskah yang masuk secara obyektif dengan cara menyampaikan opini mereka secara jelas terkait dengan naskah tersebut.
  4. Mitra bestari harus menjaga informasi terkait dengan kerahasiaan naskah.
  5. Mitra bestari yang merasa tidak memiliki kualifikasi untuk mereview atau tidak mungkin untuk melakukan review dalam waktu singkat terhadap naskah yang diserahkan maka mitra bestari harus harus menginformasikan kepada redaksi dan mengundurkan diri dari proses review.